Kuliner Khas Surabaya

 Nah di artikel kali ini, Kulineran Jawa bakal mengulas kekayaan kuliner yang dimiliki kota Surabaya. Punya aneka makanan dengan cita rasa yang berbeda dari kota-kota lainnya, Surabaya pas banget lho dijadikan tujuan wisata kulinermu. Ini nih 15 destinasi kuliner yang dibilang “ciamik soro” sama arek-arek Suroboyo!

1. Kamu yang pengen menjajal kuliner khas Suroboyo, wajib banget mencicipi lezatnya Sate Klopo.

Sate Klopo

Sate Klopo via www.wisatamu.com

Seperti sate-sate lainnya, sate klopo pun terbuat dari daging dan bukannya kelapa yang dibikin sate lho. Bedanya, Sate Klopo juga mencampurkan jeroan dan lemak sapi. Selain itu, sate ini akan dilumuri parutan kelapa terlebih dahulu sebelum dibakar.

Kamu bisa menemukan banyak penjaja Sate Klopo di Surabaya, tapi salah satu yang paling terkenal adalah warung Sate Klopo Ondomohen Bu Asih yang terletak di Jalan Walikota Mustajab no 36, Surabaya. Untuk mencicipi sate ini kamu perlu sedikit bersabar. Pasalnya meski terlihat sederhana, warung sate klopo yang satu ini tak pernah sepi pelanggan.

2. Nasi Goreng Jancuk gak boleh dilewatkan. Rasa pedas dan porsinya yang super besar pasti bakal bikin kamu ketagihan.

Nasi Goreng Jancuk

Nasi Goreng Jancuk via junantoherdiawan.com

Saat berkunjung ke Surabaya, Nasi Goreng Jancuk adalah salah satu yang gak boleh kamu lewatkan. Nasi goreng ini terkenal karena porsinya yang luar biasa banyak dan rasa pedasnya yang maksimal. Kuliner ini cocok bagi banget buat kamu yang memang doyan makanan pedas. Satu porsi nasi goreng ini bisa dinikmati untuk 4 sampai 5 orang dengan harga sekitar 100-an saja.

3. Nikmati juga segar dan gurihnya Soto Lamongan Cak Har yang konon paling terkenal di Surabaya.

Soto Lamongan

Soto Lamongan via farrago.co.id

Meski bukan makanan asli Surabaya, Soto Lamongan terbilang popule di Surabaya. Berbeda dengan soto-soto di Jawa Tengah yang biasanya berkuah bening, Soto Lamongan ini justru dimasak dengan santan sehingga rasanya lebih gurih dan kental. Salah satu yang paling terkenal adalah Soto Lamongan Cak Har yang ada di Jalan Ir. Soekarno, Surabaya.

4. Semur daging berpadu dengan serundeng dan sambal terasi dapat kamu nikmati dalam seporsi Nasi Krawu ini!

Nasi Krawu

Nasi Krawu via tips-cara.info

Sayang banget kalau kamu datang ke Surabaya tanpa sempat menjajal penganan bernama Nasi Krawu ini. Berasal dari Gresik, Nasi Krawu merupakan perpaduan antara nasi putih yang pulen dengan semur daging, jeroan sapi, serundeng, dan sambal terasi.

Nasi Krawu pas bila disantap saat sarapan. Nasi putih yang hangat berpadu dengan aneka lauk berbumbu gurih tentu akan memuaskan lidah dan perutmu. Jangan ragu untuk berkeliling kota Surabaya dan berburu kuliner yang satu ini, ya!

5. Berkunjung ke Surabaya gak lengkap rasanya tanpa mencicipi Rujak Cingur yang bahkan sudah terkenal di seantero Indonesia.

Rujak cingur

Rujak cingur via komunitaslaparid.ning.com

Ingat Surabaya pasti ingat kuliner unik Rujak Cingur. Yup! Rujak Cingur memang terbilang kuliner yang unik karena isiannya terdiri dari aneka sayur, buah-buahan, dan lontong yang disiram bumbu kacang dan petis. Keunikannya karena kuliner khas Surabaya ini juga menggunakan cingur alias hidung kerbau sebagai bahan utama. Nah kamu berani coba gak?

6. Pengen menyantap kepiting saat di Surabaya? Langsung meluncur ke Warung Kepiting Cak Gundul saja!

Kepiting Cak Gundul

Kepiting Cak Gundul via sonofmountmalang.wordpress.com

Nama warung kepiting yang satu ini memang sudah tersohor. Pasalnya, Warung Kepiting Cak Gundul sudah ada di Surabaya sejak tahun 1992 dengan salah satu menu andalannya yaitu kepiting bumbu kare dan kepiting asam manis. Berlokasi di Jalan Kupang Indah, kamu juga bisa menyantap aneka makanan laut seperti kerang, ikan, udang dan cumi di warung ini.

7. Meski tampilannya sederhana, Tahu Tek adalah salah satu kuliner yang jadi primadona di Surabaya.

Tahu Tek

Tahu Tek via www.piesusubliman.com

Sepiring tahu tek berisi tahu goreng, lontong, dan kentang yang digunting di atasnya. Ya, bahan-bahan yang digunting dan bukan diiris dengan pisau adalah keunikan dari panganan ini. Setelahnya ditambahkan kecambah dan taburan seledri serta disiram petis di atasnya. Tak lupa ditambahkan kerupuk juga sebagai pelengkap.

Dari segi tampilan, kuliner rujak cingur boleh dibilang sederhana. Harga seporsinya pun terbilang murah karena dibanderol mulai dari 8 ribu saja. Tapi jangan salah, kuliner yang menjadi ciri khas kota Surabaya ini boleh dibilang sebagai primadona kuliner Surabaya lho!

8. Menu boleh sama, tapi soal rasa pastilah berbeda. Jangan lupa mampir ke Warung Bebek Tugu Pahlawan jika bertandang ke Surabaya.

Bebek Tugu Pahlawan

Bebek Tugu Pahlawan via www.tripadvisor.com

Kamu yang arek Suroboyo asli pasti sudah kenal tempat ini. Lokasinya berada tepat di seberang Tugu Pahlawan dan hanya berupa warung tenda saja. Namun meski sederhana, warung yang mulai buka sejak jam 6 sore ini selalu ramai pengunjung. Seringkali para pengunjung atau pembeli harus rela mengantri demi mendapat seporsi nasi bebek hangat dengan sambalnya yang mantap.

9. Nama Rawon Setan memang sudah terkenal karena kelezatannya yang maksimal.

Rawon setan

Rawon setan via watergius.wordpress.com

Rawon adalah makanan khas Jawa Timur, semacam soto tapi berkuah hitam pekat. Warna hitam ini berasal dari bumbu yang bernama kluwak. Rawon biasanya menggunakan bahan daging sapi yang telah dipotong-potong dadu, dan seringkali ditambahkan campuran jeroan atau kikil sapi.

Di Surabaya sendiri, kuliner rawon sudah jadi buruan para wisatawan. Salah satu yang paling terkenal adalah Rawon Setan karena potongan daging sapinya berukuran besar dan teksturnya empuk ketika digigit. Kalau berkunjung ke Surabaya, pokoknya kamu wajib coba deh!

10. Seumur hidup sekali pastikan kamu pernah menyambangi Surabaya dan menyantap Lontong Balap-nya!

Lontong Balap

Lontong Balap via www.sagaopedia.com

Lontong balap boleh dibilang sebagai ikon kuliner kota Surabaya. Dinamakan lontong balap karena konon penjualnya menggunakan pikulan untuk menjajakan dagangannya. Lantaran berat, si penjual akan berjalan dengan tergesa-gesa sehingga seolah-olah seperti sedang balapan. Terdiri dari potongan lontong, tahu goreng, lentho plus taoge yang melimpah dan kemudian disiram kuah – kuliner ini dijamin nikmat untuk disantap.

11. Tahu Campur bisa jadi pilihan kuliner khas Surabaya nan lezat tapi gak bikin kantungmu sekarat.

Hampir mirip dengan lontong balap tadi, Surabaya juga punya kuliner lain bernama Tahu Campur. Bedanya, kudapan ini terdiri dari daging sapi, perkedel, tahu goreng, dan selada. Salah satu yang jadi rekomendasi adalah tahu campur di Jalan Kalasan No 22 Tambak Sari. Cukup dengan 8 ribu saja, kamu sudah bisa menjajal lezatnya Tahu Campur khas Surabaya.

12. Saat rasa lapar menyerang di malam hari, sambangi saja Warung Nasi Cumi Jalan Waspada ini.

Nasi cumi Pasar Atom

Nasi cumi Pasar Atom via www.inijie.com

Salah satu yang jadi daya tarik wisatawan adalah kuliner malam di Surabaya. Dari mulai bubur ayam hingga nasi goreng pun ada di sepanjang jalan-jalan protokol kota Surabaya. Dan salah satu yang layak dijajal adalah Warung Nasi Cumi di Jalan Waspada atau dikenal juga dengan Warung Nasi Cumi depan Pasar Atom.

Ada tiga macam menu nasi cumi yang ditawarkan disini, yaitu nasi cumi peyek, nasi campur dan nasi komplit. Jangan lihat tampilannya yang memang kurang menarik, tapi rasakan saja kelezatannya. Harga makanan di sini juga terbilang murah karena dibanderol mulai harga 15 ribuan saja.

13. Walaupun sudah hampir punah, Pecel Semanggi jadi kuliner khas Surabaya yang wajib kamu cicipi.

Pecel Semanggi

Pecel Semanggi via dparagon.com

Semanggi adalah jenis tanaman yang daunnya bisa dimakan. Sama halnya seperti kangkung, bayam, daun pepaya, dan dedaunan lain yang biasa dimasak sayur. Semanggi di Surabaya dan beberapa daerah di Jawa Timur lainnya biasanya diolah menjadi pecel. Sayangnya, penjual Pecel Semanggi di Surabaya kini sudah semakin jarang sehingga kuliner yang satu ini dikhawatirkan akan punah.

14. Puas dengan berbagai santapan mengenyangkan, saatnya menikmati Es Krim Zangrandi yang menyegarkan.

Es krim Zangrandi

Es krim Zangrandi via surabaya.panduanwisata.id

Bagi kamu yang gemar menyantap es krim, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi es krim Zangrandi yang sudah melegenda di Surabaya. Gak cuma cita rasa es krimnya yang mewah, tempatnya pun juga nyaman buat nongkrong. Outlet es krim Zangrandi ini berada di Jalan Yos Sudarso dan sudah berdiri sejak 1933. Sampai sekarang tempat ini juga masih mempertahankan suasana restoran yang klasik dan otentik.

15. Khusus buat kamu yang bingung menentukan tujuan, Pakuwon Food Festival bisa jadi pilihan berburu kuliner khas Suroboyonan!

Pakuwon Food Festival

Pakuwon Food Festival via marimangan.com

Nah buat kamu yang bingung saat menjelajah kota Surabaya untuk berburu kulinernya, bisa juga kok langsung menuju satu tempat bernama Pakuwon Food Festival. Di tempat ini sudah tersedia beragam jajanan dan kuliner khas Surabaya. Kamu bisa mengunjunginya saat malam hari dan menikmati kuliner di tempat ini akan terasa spesial karena diiringi alunan musik dan tempatnya yang nyaman.

Sumber:http://www.hipwee.com/travel/15-kuliner-khas-surabaya-yang-wajib-kamu-coba-arek-suroboyo-pasti-bilang-ciamik-soro/

This entry was posted in artikel. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: